PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI PADA KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)


Hefina Mei Linda, 7311417043 (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI PADA KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja adalah semua kualitas pekerjaan dan karakteristik lingungan kerja yang dihargai oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja melalui komitmen organisasional. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait sumber daya manusia di universitas atau perusahaan dan dapat menjadi sumber pengetahuan atau referensi tambahan untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan SEM PLS 3.0 untuk pengolahan datanya. Penelitian ini menggunakan data primer dan menggunakan kuesioner untuk peneltian data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 dosen yang bekerja di Universitas Negeri Semarang. Hasil yang diperoleh adalah bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif sigifikan pada kepuasan kerja. Keadilan organisasi tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan pada komitmen organisasional. Keadilan organisasi berpengaruh positif signifikan pada komitmen organisasional. Komitmen organisasional berpengaruh positif signifikan pada kepuasan kerja. Hasil uji hubungan tidak langsung menunjukkan bahwa komitmen organisasional dapat memediasi antara gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja serta komitmen organisasional dapat memediasi antara keadilan organisasi dan kepuasan kerja. Ini adalah temuan yang sejalan dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional meningkat, komitmen organisasional meningkat, dan kepuasan kerja meningkat sedangkan keadilan organisasi tidak meningkat dikarenakan tidak berpengaruh secara langsung pada kepuasan kerja. Kepuasan kerja dapat diperoleh melalui kepemimpinan transformasional ketika universitas menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional secara tidak langsung meningkatkan kepuasan kerja. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan sampel lebih banyak daripada penelitian ini sehingga temuannya lebih umum dan menggunakan sampel tidak hanya dari universitas. Selanjutnya saran bagi dosen dan universitas diharapkan dapat aktif mendengarkan dan melakukan apapun yang dinginkan tenaga pendidik namun mampu bagi universitas untuk mendukungnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Keadilan Organisasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:49
Last Modified: 17 Jul 2023 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59566

Actions (login required)

View Item View Item