Keefektifan Pembelajaran IPA berbantuan Virtual Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP di abad 21 Review Artikel


Arif Widiyatmoko, FMIPA P IPA (2022) Keefektifan Pembelajaran IPA berbantuan Virtual Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP di abad 21 Review Artikel. In: Proceeding Seminar Nasional IPA XII.

[thumbnail of 27. Keefektifan Pembelajaran IPA berbantuan Virtual.pdf] PDF - Published Version
Download (192kB)

Abstract

Perubahan zaman yang semakin maju berdampak besar pada berbagai lini kehidupan. Saat ini manusia telah memasuki abad 21 yang ditandai dengan peran teknologi informasi yang tidak lepas dalam kehidupan. Abad 21 juga identik dengan adanya Revolusi 4.0 yang memunculkan Era Society 5.0 dimana teknologi digunakan untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu aspek krusial. Pendidikan pada masa sekarang harus disesuaikan dengan perkembangan abad 21 agar kompetensi siswa meningkat sehingga menjadi sumber daya yang mampu menghadapi persaingan dan tantangan global sesuai tuntutan zaman. Saat ini siswa dituntut untuk memiliki utamanya kemampuan kognitif yang tinggi. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang dibelajarkan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendidikan IPA abad 21 memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Dalam mata pelajaran IPA teknnologi digunakan sebagai media pembelajaran yaitu berupa virtual reality. Virtual reality merupakan teknologi yang mampu membuat pengguna berinteraksi pada suatu lingkungan di dunia virtual seolah-olah nyata. Tujuan dari penulisan artikel literatur ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA berbantuan virtual reality dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dari jurnal nasional dan jurnal internasional pada database jurnal (ERIC, Scopus, Google Scholar). Berdasarkan tinjauan literatur didapatkan hasil bahwa pembelajaran IPA berbantuan virtual reality efektif meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMP di abad 21.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA; Abad 21; Virtual reality
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:20
Last Modified: 07 Jul 2023 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59524

Actions (login required)

View Item View Item