Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Mata Pelajaran IPA di SMP


Arif Widiyatmoko, FMIPA P IPA (2021) Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Mata Pelajaran IPA di SMP. In: PROCEEDING SEMINAR NASIONAL IPA XI.

[thumbnail of 25. Menumbuhkan Karkter Peduli Lingkungan.pdf] PDF - Published Version
Download (403kB)

Abstract

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan usaha melestarikan lingkungan dengan mengajarkan di sekolah secara formal dengan tujuan untuk mendidik siswa agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional serta bertanggung jawab tentang pengaruh timbal balik antara manusia dengan lingkungan. PLH bukan suatu mata pelajaran yang berdiri sendiri, tetapi dapat diintegrasikan ke dalam suatu mata pelajaran di sekolah, salah satunya adalah mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan PLH ke dalam pembelajaran IPA di level Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan kajian pustaka yang dilakukan, pengintegrasian PLH melalui pembelajaran IPA di SMP dapat dilakukan dalam 4 bentuk kegiatan yaitu: (1) integrasi melalui kegiatan intrakurikuler IPA yang sesuai dengan kurikulum, (2) integrasi melalui kegiatan kokurikuler IPA yang menunjang kegiatan intrakurikuler dengan metode jelajah alam sekitar, (3) integrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, pecinta alam, dan PMR, (4) intergrasi melalui kegiatan nonkurikuler dalam pembentukan karakter peduli lingkungan seperti kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan, mendaur ulang sampah, merawat tanaman dan lain sebagainya. Keberhasilan pengintegrasian PLH pada mata pelajaran IPA di SMP didukung oleh keterlibatan kepala sekolah, guru, siswa dan warga sekolah. Selain itu dipengaruhi oleh kompetensi guru IPA dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan PLH.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: integrasi, pendidikan lingkungan hidup, mapel IPA, SMP.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:10
Last Modified: 07 Jul 2023 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59522

Actions (login required)

View Item View Item