Pelatihan Pemanfaatan Science Augmented Reality Model Problem Based Learning Pada MGMP Guru IPA Kota Semarang


Arif Widiyatmoko, FMIPA P IPA (2021) Pelatihan Pemanfaatan Science Augmented Reality Model Problem Based Learning Pada MGMP Guru IPA Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1 (2). pp. 12-18. ISSN 2798-5997

[thumbnail of 16. Pelatihan Pemanfaatan Science Augmented Reality.pdf] PDF - Published Version
Download (621kB)

Abstract

Tujuan pengabdian ini ialah memberikan pelatihan tentang AR (Augmented Reality) model PBL (Problem Based Learning) kepada MGMP guru IPA Kota Semarang, Indonesia. Pembekalan dan pelatihan dilakukan melalui Webinar pada dalam bentuk pelatihan AR model PBL pada pembelajaran IPA secara daring. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pemaparan materi oleh pengabdi, diskusi berupa tanya jawab, pendampingan pelatihan, mendemonstrasikan dan praktik secara langsung via Zoom Meeting penggunaan AR model PBL. Hasil kegiatan pengabdian tersebut yaitu, dapat meningkatkan pemahaman tentang pemanfaatan AR model PBL. Peserta memiliki respon positif terhadap aspek materi, penyajian, bahasa, dan praktik yang difasilitasi oleh tim pengabdi. Berdasarkan pengelompokan dari hasil respons peserta kepada angket yang telah diberikan diperoleh rataan respons peserta terhadap pelaksanaan pelatihan sebesar 37,22. Skor tersebut mengandung arti bahwa peserta menyatakan bahwa kegiatan telah berlangsung dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: science augmented reality, problem based learning, guru IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:55
Last Modified: 07 Jul 2023 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59512

Actions (login required)

View Item View Item