PENGEMBANGAN JOBSHEET PRAKTIKUM SISTEM PENGAPIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (DEVELOPMENT OF JOBSHEET PRACTICUM IGNITION SYSTEM TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES)


Dwi Widjanarko, - (2019) PENGEMBANGAN JOBSHEET PRAKTIKUM SISTEM PENGAPIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (DEVELOPMENT OF JOBSHEET PRACTICUM IGNITION SYSTEM TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19 (1). pp. 51-56. ISSN 1412- 1247 e-ISSN 2503-1759

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (525kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah jobsheet yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan efektif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam praktikum sistem pengapian konvensional dengan berdasarkan metode Research and Development (R&D). Untuk uji coba produk untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pola pre test post test control group design. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil pengembangan jobsheet ini valid (layak) digunakan untuk pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata dua validator yang memvalidasi jobsheet. Untuk rata-rata pengujian jobsheet yang dikembangkan sebesar 88,8% dan rata-rata validasi uji soal tes praktek sebesar 83,64%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari uji beda dua rata-rata pada hasil belajar posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh ttabel<thitung, karena thitung berada pada daerah penolakan Ho, maka ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan jobsheet yang dikembangkan dengan jobsheet yang sudah ada dari guru (kontrol) dalam pembelajaranya. Sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah diberikan jobsheet yang dikembangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: jobsheet, practicum, conventional ignition system, learning outcomes
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:17
Last Modified: 06 Jul 2023 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59431

Actions (login required)

View Item View Item