Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga
Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2016) Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (1). ISSN 1979-0503
PDF
- Accepted Version
Download (558kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan multimedia interaktif dapat meminimalisasi miskonsepsi siswa pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design yang berbentuk pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini terdiri atas 33 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Tingkat penguasaan konsep larutan penyangga diperoleh dari hasil tes diagnostik miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata proporsi siswa yang mengalami miskonsepsi pada kelas eksperimen sebanyak 9 dari 33 siswa sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 14 dari 33 siswa. Nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen 0,64 dan kelas kontrol 0,5 yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Skor jawaban siswa yang tergolong miskonsepsi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Hasil uji t satu pihak kiri menunjukkan bahwa thitung (-4,89) < - t(0,95)(64) (- 1,67) yang berarti rata-rata jawaban yang tergolong miskonsepsi kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat digunakan untuk meminimalkan miskonsepsi siswa pada materi pokok larutan penyangga.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | larutan penyangga, miskonsepsi, multimeda interaktif |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:46 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59423 |
Actions (login required)
View Item |