EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER REDUKSI (THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN UNDERSTANDING COMPETENCE AND PRESERVING THE REDUCTION STARTER SYSTEM)


Dwi Widjanarko, - (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER REDUKSI (THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN UNDERSTANDING COMPETENCE AND PRESERVING THE REDUCTION STARTER SYSTEM). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. pp. 10-13. ISSN 1412- 1247

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter reduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola pretest dan posttest control design. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 60,725 meningkat menjadi 72,45 dengan peningkatan sebesar 0,299 yang termasuk dalam kategori “rendah”. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar semula 62,357 meningkat menjadi 84,57, sehingga terjadi peningkatan sebesar 0,602 yang termasuk dalam kategori ”sedang”. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan media video lebih besar daripada selisih peningkatan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah (0,602 > 0,299), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video efektif dalam pembelajaran terutama pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter bila di bandingkan dengan metode ceramah pada siswa kelas XI TOKR SMK Palapa Semarang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:45
Last Modified: 06 Jul 2023 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59422

Actions (login required)

View Item View Item