Pengaruh Media Visual Di Ruang Kelas Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kimia Siswa
Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2009) Pengaruh Media Visual Di Ruang Kelas Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3 (1). pp. 400-405. ISSN 1979-0503
PDF
- Published Version
Download (151kB) |
Abstract
Dalam belajar, seseorang harus dapat berinteraksi dengan lingkungan Untuk itu ruang kelas harus dirancang sedemikian rupa agar tercipta suatu situasi interaktif yang kondusif sebagai tempat belajar. Salah satu cara agar ruang kelas menjadi interaktif adalah dengan cara memasang media visual di dinding ruang kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media visual di ruang kelas dan seberapa besar pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa materi pokok larutan elektrolit dan konsep redoks kelas X di SMA Negeri 1 Boja. dimana kedua kelompok sampel tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Kelompok sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran menggunakan media visual di ruang kelas, sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran tanpa menggunakan media visual Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh media visual di ruang kelas yaitu sebesar 57,2964%. Media visual di ruang kelas dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelompok eksperimen rata-rata sebesar 3,20 dengan kisaran nilai 0-10. Penggunaan media visual di ruang kelas berpengaruh terhadap minat belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan dari presentase minat belajar kimia siswa kelompok eksperimen (70,67%) yang lebih tinggi dari pada minat belajar kimia siswa kelompok kontrol (48,54% ).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media visual, minat, hasil belajar kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:44 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59421 |
Actions (login required)
View Item |