PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA PRAKTIK SISTEM PENGISIAN (THE COMPARISON OF STUDENT LEARNING OUTCOMES USING IMAGES MEDIA WITH USING VIDEO MEDIA IN FILLING SYSTEM PRACTICES)


Dwi Widjanarko, - and Sugiyono, - (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA PRAKTIK SISTEM PENGISIAN (THE COMPARISON OF STUDENT LEARNING OUTCOMES USING IMAGES MEDIA WITH USING VIDEO MEDIA IN FILLING SYSTEM PRACTICES). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17 (2). pp. 109-114. ISSN 1412- 1247

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar dengan siswa yang menggunakan media video pada materi sistem pengisian. Prosedur penelitian yang digunakan adalah desain jenis pre test-post test control group design. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 62,30 meningkat menjadi 73,35 dan terjadi peningkatan sebesar 0,298 yaitu dalam kategori “rendah”. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar semula 62,15 meningkat menjadi 83,59, sehingga terjadi peningkatan sebesar 0.574 yaitu dalam kategori ”sedang. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan media video lebih besar daripada selisih peningkatan pembelajaran dengan menggunakan media gambar (0,574 >0,298).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media video, media gambar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:03
Last Modified: 06 Jul 2023 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59418

Actions (login required)

View Item View Item