Pengembangan Instrumen Tes Literasi Membaca Bermuatan Asesmen Kompetensi Minimum pada Materi Asam-Basa


Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2023) Pengembangan Instrumen Tes Literasi Membaca Bermuatan Asesmen Kompetensi Minimum pada Materi Asam-Basa. Chemistry in Education, 12 (1). ISSN 2252-6609

[thumbnail of 58. Pengembangan Instrumen Tes Literasi Membaca.pdf] PDF - Published Version
Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi membaca bermuatan AKM pada materi asam-basa. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan dengan desain ADDIE dengan tahapan Analys (A), Design (D), Develop (D), Implementation (I), dan Evaluation (E). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 1 Cilimus. Instrumen pengumpul data berupa lembar wawancara, angket dan soal tes. Teknik analisis data yaitu analisis data validasi instrumen, analisis validitas dan reliabilitas menggunakan model Rasch, dan analisis data respon user. Hasil penelitian mengenai analisis data validator instrument tes, angket respon siswa dan guru memenuhi kategori sangat valid, artinya instrumen layak untuk pengujian. Hasil analisis butir soal pada uji pendahuluan menunjukkan person reliability 0,65 dan 0,69, item reliability 0,50 dan 0,54 artinya konsistensi jawaban dari siswa cukup, namun kualitas butir soal aspek reliabilitasnya lemah. Tahap implementasi menunjukkan person reliability 0,78 dan 0,80, item reliability 0,89 dan 0,90 artinya konsistensi jawaban dari siswa cukup, namun kualitas butir soal aspek reliabilitasnya bagus. Estimasi reliabilitas berdasarkan nilai Alpha Cornbach memenuhi kategori bagus dengan nilai 0,75 dan 0,80. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan tanggapan positif dengan proporsi “sangat baik” 47% dan angket respon guru menunjukkan tanggapan positif dengan proporsi “sangat setuju” 50% dan “setuju” 50%. Disimpulkan bahwa instrumen tes literasi membaca bermuatan AKM materi asam-basa ini dapat digunakan sebagai referensi soal untuk penilaian pembelajaran kimia berstandar AKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asam-Basa Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:13
Last Modified: 06 Jul 2023 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59402

Actions (login required)

View Item View Item