Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Schoology pada Materi Larutan Penyangga


Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2021) Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Schoology pada Materi Larutan Penyangga. Chemistry in Education, 10 (2). ISSN 2252-6609

[thumbnail of 49. Pengembangan Media Blended Learning.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media blended learning berbasis schoology pada materi larutan penyangga dan mengetahui kelayakan serta efektifitasnya. Penelitian ini mengacu pada prosedur Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, angket tanggapan siswa dan guru, serta tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan angket tanggapan menggunakan rata-rata skor keseluruhan, analisis ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media. Sedangkan untuk analisis keefektifan media menggunakan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kelayakan dari ahli materi sebesar 119 (sangat layak), dan dari ahli media sebesar 52 (sangat layak). Sedangkan hasil tanggapan siswa pada uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan implementasi mencapai skor rata-rata sebesar 45,7 (baik). Efektifitas media berdasarkan tes hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal sebesar 81,43% (efektif). Simpulan penelitian ini adalah media blended learning berbasis schoology layak dan efektif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Blended learning; larutan penyangga; pengembangan; schoology
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:22
Last Modified: 06 Jul 2023 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59391

Actions (login required)

View Item View Item