Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur HOTS Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi
Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2021) Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur HOTS Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 10 (1). ISSN 2252-6609
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan instrumen tes twotier multiple choice untuk mengukur HOTS peserta didik pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Desain penelitian ini menggunakan model 4D yang meliputi tahap: define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes two-tier multiple choice untuk mengukur HOTS peserta didik, dan angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik. Hasil penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil analisis HOTS peserta didik secara keseluruhan menunjukan 6,67% peserta didik termasuk dalam kategori HOTS tinggi; 41,67% rendah; dan 51,67% sangat rendah. Baik peserta didik maupun guru memberikan respon positif terhadap instrumen tes yang dikembangkan. Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi angket respon peserta didik yaitu sebanyak 94,67% peserta didik memberikan respon positif terhadap instrumen tes yang dikembangkan. Sedangkan hasil rekapitulasi angket respon guru didapatkan skor sebesar 50 dari skor total 56 dengan kategori sangat setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan layak dan efektif mengukur HOTS peserta didik. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan teknologi berbasis web agar lebih efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS; Laju Reaksi; Marzano; Taksonomi Bloom; Two-Tier Multiple Choice |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 01:16 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 01:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59389 |
Actions (login required)
View Item |