Pengaruh Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Kimia Siswa
Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2017) Pengaruh Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (2). ISSN 1979-0503
PDF
- Published Version
Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan multimedia interaktif terhadap kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi afektif dan psikomotorik, angket tanggapan siswa, dan soal pre test-post test. Desain penelitian control group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 – XI IPA 5 SMA Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Hasil analisis akhir didapat pencapaian standar kelulusan kompetensi kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,42 dan thitung 3,74 lebih dari 2,01 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 46. Hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 17,80%. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magelang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | group investigation (GI), kompetensi kimia siswa, multimedia interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:43 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59371 |
Actions (login required)
View Item |