(ABSTRAK) HUBUNGAN MOTIVASI, PERSEPSI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU UKS DALAM PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2010

Astuti Febiana Mustofa , 6450406070 (2010) (ABSTRAK) HUBUNGAN MOTIVASI, PERSEPSI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU UKS DALAM PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) HUBUNGAN MOTIVASI, PERSEPSI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU UKS DALAM PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2010) - Published Version
Download (133Kb)

    Abstract

    Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Penyakit gigi yang sering dan berkelanjutan dapat mengganggu kondisi fisik dan mental sehingga akan menurunkan proses belajar pada anak sekolah Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara motivasi, persepsi dan beban kerja terhadap kinerja guru UKS dalam pelaksanaan UKGS di SDN Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi, persepsi dan beban kerja terhadap kinerja guru UKS dalam pelaksanaan UKGS di sekolah dasar Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan rancangan Cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 25 guru UKS. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square dengan α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi (ρ= 0,025 dan CC=0,468) dan beban kerja guru UKS (ρ=0,04 dan CC=0,529) dengan kinerja dalam pelaksanaan kegiatan UKGS. Sedangkan persepsi guru UKS (ρ value=0,859 dan CC=0,115) tidak ada hubungannya dengan kinerja dalam pelaksanaan kegiatan UKGS. Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang untuk meningkat motivasi guru UKS melalui pemberian imbalan dan insentif sebagai upaya meningkatkan kinerja serta lebih mengoptimalkan peran lintas program dan lintas sektor untuk mendukung program UKGS. Disarankan kepada guru UKS untuk mengevaluasi kembali beban kerja dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan mengikuti pelatihan UKGS yang dilaksanakan oleh Puskesmas dengan dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang. -----------------------------------------------------> Dental hygiene and oral health is part of a healthy body that cannot be separated from each other. Dental desease which often generate to generate to feel keen and continuous will very bother physical and psychological condition so that will degrade the leaming process of the students. The statement of problem of this research is whether there is any relationship between UKS teacher’s motivation, perception and workload toward the performance in implementing the activity of UKGS in elementary school of Pringapus, Semarang District in 2010. The purpose of this research is to know whether there is any relationship between UKS teacher’s motivation, perception and workload toward the performance in implementing the activity of UKGS in elementary school of Pringapus, Semarang District in 2010. The research method that used of this research was explanatory research with cross sectional approach. The population was 25 UKS teachers. The sample was taken using total sampling technique. The instrument used in this research was questionnaires. The data analysis was done nd bivariantly through chi-square test with degree of meaning (α)=0,05. Based on the result of the study, it can be concluded that there was a relationship between the UKS teacher’s motivation (ρ= 0,025 and CC=0,468) and workload (ρ=0,04 and CC=0,529) toward the performance in implementing the activity of UKGS. Whereas there was not a relation between the UKS teacher’s perception (ρ=0,859 and CC=0,115) toward the performance in implementing the activity of UKGS. The Semarang District Health Office is suggested to increase the UKS teacher’s motivation through the provision of rewards and incentives as an attempt to improve the UKS teacher’s performance and optimize the role of cross-programmes and across sectors to support the UKGS program. The UKS teacher is suggested to evaluate the workload and improve their knowledge and skills with UKGS training conducted by Public Health Centre with support of Semarang District Health Office.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi, Persepsi, Beban Kerja, Kinerja, UKGS Motivation, Perception, Workload, Performance, UKGS
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 19 Oct 2011 21:52
    Last Modified: 19 Oct 2011 21:57

    Actions (login required)

    View Item