Metode Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDIT Bias Assalam Kota Tegal)
Kurotul Aeni, - (2020) Metode Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDIT Bias Assalam Kota Tegal). JURNAL PERSEDA, III (3). pp. 147-152. ISSN E-ISSN: 2684-9917
PDF (Article)
Download (616kB) |
|
PDF (Turnitin)
Download (1MB) |
Abstract
Berbagai penyimpangan yang terjadi di masyarakat dewasa ini, terkait nilai karakter dan kemerosotan moral di kalangan kaum muda menjadi keprihatinan. situasi ini diperparah lagi oleh moral pemimpin dan penegak hukum yang jauh dari nilai karakter Pancasila sebagai falsafah bangsa. Sistem pendidikan nasional dinilai paling bertanggung jawab atas munculnya persoalan tersebut guna membangun dan membentengi karakter peserta didik. Pendidikan karakter memerlukan metode yang tepat agar terjadi penguatan dalam pelaksanaannya, sehingga upaya membentuk karakter peserta didik tercapai. Penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik inquiry ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis metode penguatan pendidikan karakter dan capaiannya di SDIT BIAS Assalam kota Tegal. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan konfirmasi hasil observasi, wawancara, dokumen. Uji kredibilitas data dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data, analisis kasus negatif, member check, dan referensi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan metode penguatan pendidikan karakter yang digunakan di SDIT BIAS Assalam diantaranya adalah dengan metode pembinaan karakter secara berkelanjutan sehingga terbentuk habit dari para siswa yang terintegras pada setiap kegiatan sekolah baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Selain terintegrasi dengan kegiatan lain, peran orang dewasa dalam memberikan contoh turut mempengaruhi karakter, faktor lain pelibatan masyarakat sekolah dalam memberikan dan menerapkan komitmen terhadap norma serta tradisi sekolah (pemberian motivasi, nasehat, pemahaman dan apresiasi terhadap pesan afektif) memberikan dampak yang baik bagi tujuan pendidikan karakter di SDIT BIAS agar dapat terlaksana dan dapat berlangsung sesuai tujuan yang diharapkan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode, penguatan pendidikan karakter, peserta didik |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:18 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59342 |
Actions (login required)
View Item |