PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER


Kurotul Aeni, - (2016) PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 4 (1). pp. 30-42. ISSN p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN: 2502-1648

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (376kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (3MB)

Abstract

Penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik studi kasus ini bertujuan menganalisis bentuk, perbedaan, dan ciri khas pendayagunaan modal sosial dalam pendidikan karakter di SD Sapen dan SD Budi Mulia Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan konfirmasi hasil observasi, wawancara, dokumen wawancara. Uji kredibilitas data dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data, analisis kasus negatif, member check, dan referensi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan pendayagunaan modal sosial dalam pendidikan karakter yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran, budaya sekolah, dan program karakter melalui inkulkasi nilai karakter dan keteladanan secara integral memperkuat karakter. Pendayagunaan modal sosial pada kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh sangat kuat terhadap pembentukan karakter dibandingkan kegiatan intrakurikuler.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, modal sosial, program afektif, kedisiplinan, penugasan, living value, happy learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:48
Last Modified: 03 Jul 2023 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59334

Actions (login required)

View Item View Item