Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Informasi Bahan Diskusi dengan Penggunaan Metode PQRST dan Teknik Close Reading pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang.


Dwi Kristiani, 2009 (2009) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Informasi Bahan Diskusi dengan Penggunaan Metode PQRST dan Teknik Close Reading pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Informasi Bahan Diskusi dengan Penggunaan Metode PQRST dan Teknik Close Reading pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Informasi Bahan Diskusi dengan Penggunaan Metode PQRST dan Teknik Close Reading pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang.) - Published Version
Download (23kB) | Preview

Abstract

Kristiani, Dwi. 2009. Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Informasi Bahan Diskusi dengan Penggunaan Metode PQRST dan Teknik Close Reading pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Subyantoro, M. Hum. Pembimbing II: Drs. Haryadi, M.Pd. Kata kunci: membaca intensif, metode PQRST, teknik close reading. Keterampilan membaca merupakan aspek kemampuan berbahasa dan bersastra. Membaca mempunyai peranan yang cukup penting dalam menguasai keterampilan berbahasa dan bersastra yang lain seperti menyimak, berbicara, dan menulis. Kegitan membaca dibutuhkan kemampuan untuk menemukan informasi dalam sebuah teks bacaan. Dengan menemukan informasi yang problematik dan atau kontradiktif memudahkan siswa memahami teks bacaan yang sedang dibacanya. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui keterampilan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang masih kurang dan belum memuaskan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan skor rata-rata klasikal yag diperoleh sebesar 64. Rendahnya keterampilan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi dalam menemukan informasi yang problematik dan atau kontradiktif serta merumuskan permasalahan untuk bahan diskusi disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa sendiri sedangkan faktor eksternal berasal dari guru dan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, yaitu dengan menggunakan metode PQRST dan teknik close reading. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi pada siswa VIII D SMP Negeri 16 Semarang setelah pembelajaran membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi dengan penggunaan metode PQRST dan teknik close reading dan bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang setelah pembelajaran membaca intensif untuk bahan diskusi dengan penggunaan metode PQRST dan teknik close reading. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi siswa kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang setelah mengikuti pembelajaran dengan penggunaan metode PQRST dan teknik close reading dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi dengan penggunaan metode PQRST dan teknik close reading. Manfaat dari penelitian ini, yaitu untuk menambah khasanah pengembangan pengetahuan keterampilan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi serta memberikan alternatif dalam pemilihan metode dan teknik pembelajaran membaca bagi siswa. Hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa, peneliti, dan lembaga pendidikan. Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai menambah wawasan guru tentang keterampilan membaca intensif dengan penggunaan metode PQRST dan teknik close reading serta dapat meningkatkan keterampilan membaca khususnya membaca intensif bagi siswa. Manfaat bagi siswa, dapat lebih mudah menemukan dan mengembangkan informasi untuk bahan diskusi dalam membaca intensif, Bagi peneliti, dapat memperkaya wawasan tentang penggunaan metode PQRST dan teknik close reading dalam pembelajaran. Bagi lembaga pendidikan, adanya peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan berbahasa, terutama keterampilan membaca intensif dengan metode PQRST dan teknik close reading. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 16 Semarang. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi berupa foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian keterampilan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi pada prasiklus, siklus I, siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata kelas pratindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 4,05%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi adalah 83,09 dan termasuk kategori baik. Nilai tersebut mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 15,04%. Peningkatan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi siswa pada tiap siklus diikuti perubahan tingkah laku ke arah yang positif. Hal tersebut terlihat siswa merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi dengan penggunaan metode PQRST dan teknik close reading. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan para guru bahasa dan sastra Indonesia dapat menggunakan metode PQRST dan teknik close reading dalam pembelajaran keterampilan membaca intensif untuk menemukan informasi bahan diskusi karena dapat mendorong siswa aktif berpikir dan dapat mempertajam pemahaman siswa terhadap hasil membaca. Para peneliti dibidang pendidikan dan bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran keterampilan membaca dengan menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang berbeda. Salah satu alternatif dengan metode PQRST dan teknik close reading.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca intensif, metode PQRST, teknik close reading.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Oct 2011 01:38
Last Modified: 20 Oct 2011 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item