Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini di RA Nurul Haq Kudus


Ali Formen, - (2022) Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini di RA Nurul Haq Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. ISSN 26866404

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (156kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pergeseran paradigma pendidikan yang semula hanya mengutamakan pengetahuan, kini pendidikan lebih mengarah pada keterampilan yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini di antaranya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada anak usia dini dengan implementasi model pembelajaran Inkuiri. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu reuksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukan dengan implementasi model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis di RA Nurul Haq Kudus sudah berjalan dengan baik, pelaksanaannya sistematis dan ketrampilan berpikir kritis anak meningkat, terlihat ketika guru dalam memfasilitasi dan memotivasi anak sangat mempengaruhi kemampuan hasil belajar anak. Pembelajaran yang tidak lagi berpusat pada guru , berbagai media yang disediakan, anak diberi kebebasan memilih kegiatan, anak mengungkapkan ide atau gagasan, mampu menghasilkan produk dan mampu menceritakan hasil kegiatan yang telah dilakukan. Manfaat penelitian bagi masyarakat yaitu bahwa pembelajaran inkuiri ini sangat penting untuk anak usia dini karena akan memunculkan ide atau pemikiran yang kreatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: implementasi; berpikir kritis; pembelajaran inkuiri
Subjects: L Education > Special Education
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:54
Last Modified: 06 Jul 2023 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59312

Actions (login required)

View Item View Item