HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 BLORA


Prabandari Rahma Satiti, 1301417076 (2022) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301417076_PRABANDARI RAHMA SATITI - Prabandari Rahma Satiti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat beragam perilaku disiplin siswa di sekolah. Beragamnya perilaku disiplin siswa di sekolah ini merupakan salah satu dampak dari cara pengasuhan yang berbeda-beda dari orang tua kepada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku disiplin siswa dalam mematuhi tata tertib di SMP Negeri 2 Blora. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 309 siswa yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blora. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yang memperoleh sampel sebanyak 171 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Uji validitas menggunakan analisis corrected item-total correlation sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data yang telah dilakukan menggambarkan bahwa tingkat pola asuh orang tua tergolong tinggi, sedangkan tingkat perilaku disiplin siswa tergolong sangat tinggi. Hasil analisis untuk uji regresi linier berganda menghasilkan pola asuh authoritarian memiliki nilai koefisien regresi sebesar β = 0.664, P < 0,01, pola asuh permissive memiliki nilai koefisien regresi sebesar β = 0,463, P > 0,05, dan pola asuh authoritative memiliki nilai koefisien regresi sebesar β = 0,392, P < 0,01 sehingga ketiga pola asuh tersebut memiliki hubungan yang positif terhadap perilaku disiplin siswa. Implikasi penelitian ini terhadap bidang Bimbingan dan Konseling merujuk pada SKKPD SMP dalam aspek perkembangan landasan perilaku etis. Sebagai konselor atau guru BK dalam upaya mengembangkan aspek perkembangan landasan perilaku etis siswa dapat memperhatikan tentang pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak. Sehingga orang tua memahami akan perannya untuk dapat menerapkan pola asuh yang tepat terhadap anak dengan bekerja sama dengan sekolah untuk membiasakan anak untuk disiplin dan mematuhi setiap peraturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, perilaku disiplin.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jun 2023 05:21
Last Modified: 29 Jun 2023 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59278

Actions (login required)

View Item View Item