PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BUNYI KELAS IV SD NEGERI CIKLAPA 01 KABUPATEN CILACAP


ACHZAMUDIN, 1401418292 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BUNYI KELAS IV SD NEGERI CIKLAPA 01 KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of ACHZAMUDIN_1401418292_SKRIPSI - Achzamudin Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA adalah salah satu elemen dari mata pelajaran yang dikembangkan berdasar aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Berdasarkan pra-penelitian yang dilakukan di ditemukan permasalahan proses pembelajaran IPA yang belum maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari permasalahan dalam mengembangkan maupun menggunakan media yang kurang optimal yaitu masih menggunakan buku guru, buku siswa dan gambar. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang lebih inovatif serta penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Untuk itu peneliti mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi powtoon untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan pembelajaran IPA. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi powtoon pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Ciklapa 01 Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu: 1) Potensi masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ciklapa 01 sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi pada media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi powtoon termasuk dalam kriteria sangat layak dengan mendapatkan skor persentase penilaian sebesar 90,9%. Sedangkan penilaian kelayakan oleh ahli media pada media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi powtoon termasuk dalam kriteria sangat layak dengan mendapatkan skor persentase penilaian sebesar 91,6%. Pada hasil nilai pretest dan posttest uji coba kelompok kecil terdapat adanya peningkatan sebesar 0,872 dengan selisih rata-rata sebesar 36,6 dengan kategori “Tinggi”. Sedangkan pada uji pemakaian kelompok besar terdapat adanya peningkatan sebesar 0,741 dengan selisih rata-rata sebesar 30,3 dengan kategori “Tinggi”. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi powtoon sangat efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi bunyi kelas IV SD. Saran penelitian ini merujuk pada hasil penelitian dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest yang tinggi, maka guru perlu menerapkan media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi powtoon pada pembelajaran IPA SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, Learning Media, Powtoon Application, Science Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jun 2023 05:06
Last Modified: 29 Jun 2023 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59275

Actions (login required)

View Item View Item