PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, KONTROL DIRI, DANMOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASIAKADEMIK (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang TahunAngkatan 2016 dan 2017)


Firda Salihatun Nisa, 7101418120 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, KONTROL DIRI, DANMOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASIAKADEMIK (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang TahunAngkatan 2016 dan 2017). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418120_Firda Salihatun Nisa - Firda Salihatun Nisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prokrastinasi akademik adalah kecenderungan untuk menundamenyelesaikan tugas dengan melakukan kegiatan lain yang tidak penting sehinggatugas menjadi terlambat dikerjakan. Dalam hal ini menyelesaikan tugas akhir skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial, kontrol diri, dan motivasi berprestasi terhadap perilaku prokrastinasi akademikmahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 dan2017. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengandesain penelitianex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yangsedang mengerjakan skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatantahun 2016 dan angkatan tahun 2017 sebanyak 455. Sampel penelitian ini sebanyak82mahasiswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified randomsampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis datamenggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif, kategori variabel penggunaan media sosial adalahtinggi, sedangkan kategori variabel kontrol diri, motivasi berprestasi danprokrastinasi akademik kategori sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwaterdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, terdapat pengaruh secarasignifikan kontrol diri terhadap perilaku prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadapperilaku prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Dapat disimpulkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik mahasiswaFakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 dan 2017 dapatdipengaruhi oleh penggunaan media sosial, kontrol diri, dan motivasi berprestasi. Saran yang diberikan penulis yaitu supaya mahasiswa dapat menghindari perilakupenggunaan media sosial yang berlebihan, dapat mengontrol diri, serta mampumeningkatkan motivasi dalam berprestasi agar terhindar dari segala macamperilakuprokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peng una n Media Sosial, Kontrol Diri, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jun 2023 04:57
Last Modified: 29 Jun 2023 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59274

Actions (login required)

View Item View Item