PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE (Studi pada Pengguna Tokopedia di Semarang)


Dian Puji Pertiwi, 7311418067 (2022) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE (Studi pada Pengguna Tokopedia di Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311418067_Dian Puji Pertiwi _SKRIPSI FULL - Dian Puji Pertiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan ekonomi ekonomi berbasis elektronik atau ecommerce memiliki potensi yang tinggi bagi Indonesia. Banyaknya jumlah ecommerce di Indonesia membuat persaingan sangat tinggi antar platform. Masingmasing dari platform e-commerce membuat strategi untuk bisa merebut konsumen dan pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, social media marketing, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian melalui brand image pada pengguna Tokopedia di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pengguna Tokopedia di Semarang. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel pengguna Tokopedia dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word of mouth dan social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengaruh electronic word of mouth, social media marketing, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian dimediasi brand image. Simpulan dari penelitian ini adalah electronic word of mouth dan brand image sebagai variabel intervening berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap keputusan pembelian. Social media marketing dan brand image sebagai variabel intervening berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorser dan brand image sebagai variabel intervening berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian tetapi tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Saran untuk Tokopedia agar dapat mendorong konsumen untuk menulis ulasan agar tercipta electronic word of mouth yang baik, mengoptimalkan social media marketing dengan memberikan konten yang berkualitas, serta penggunaan celebrity endorser yang disesuaikan dengan tren yang sedang terjadi di masyarakat agar tidak kalah oleh pesaing dan menjadikan Tokopedia sebagai prioritas utama dalam berbelanja online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jun 2023 04:13
Last Modified: 29 Jun 2023 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59269

Actions (login required)

View Item View Item