PENGARUH FOREIGN ACTIVITY, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP TAX AVOIDANCE


Akbarudin, 7211418023 (2022) PENGARUH FOREIGN ACTIVITY, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP TAX AVOIDANCE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418023_Akbarudin - Akbarudin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang memiliki peranan penting. Persentase realisasi pendapatan pajak dan target pendapatan pajak yang masih fluktuatif, mengindikasikan perusahaan melakukan tindakan tax avoidance. Tindakan tax avoidance merupakan tindakan mengurangi beban pajak tanpa melanggar peraturan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh foreign activity, pertumbuhan penjualan, dewan komisaris independen dan komite audit terhadap tax avoidance. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yang menghasilkan sebanyak 57 perusahaan sehingga jumlah unit analisis sebanyak 171 dengan data outlier sebanyak 9, sehingga jumlah unit analisis sebanyak 162 yang dianalisis menggunakan Eviews 9. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan dan dewan komisaris independen berpengaruh positif signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa pertumbuhan penjualan dan dewan komisaris independen berpengaruh terhadap tax avoidance. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah variabel komite audit tidak digunakan dalam penelitian selanjutnya karena tidak ada hubungannya dengan tax avoidance. Selain itu, disarankan dapat menggunakan variabel lain diluar penelitian ini seperti tax haven, kepemilikan institusional dan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Foreign Activity, Pertumbuhan Penjualan, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jun 2023 04:04
Last Modified: 29 Jun 2023 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59268

Actions (login required)

View Item View Item