PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IMPROVE BERSTRATEGI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS


Evi Zulfiani Santoso, 4101416068 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IMPROVE BERSTRATEGI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101416068_Evi Zulfiani Santoso - Evi Zulfiani Santoso.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan metode IMPROVE berstrategi inkuiri untuk meningkatkan kompetensi strategis matematis siswa. Mengembangkan berarti membuat perangkat pembelajaran dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Validasi perangkat dilakukan dengan meminta penilaian para ahli. Hasil penilaian validator menunjukkan rata-rata nilai untuk silabus adalah 3,81, rata- rata nilai Rencana Program Pembelajaran (RPP) adalah 3,84, bahan ajar memiliki nilai rata-rata 3,67, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) memperoleh nilai rata-rata 3,7, sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid. Pengujian kepraktisan dilakukan dengan menganalisis data respon guru terhadap perangkat pembelajaran. Rata-rata skor respon guru terhadap perangkat pembelajaran adalah 3,76 yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dalam kategori praktis. Hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa: rata-rata hasil tes kompetensi strategis matematis siswa lebih dari KKM (70) dan persentase kompetensi strategis matematis siswa mencapai nilai ≥ 70 lebih dari 75%; kompetensi strategis matematis pada pembelajaran dengan perangkat pembelajaran matematika berbasis IMPROVE berstrategi inkuiri lebih baik daripada kelas dengan model ekspositori; dan terjadi peningkatan kompetensi strategis matematis siswa sebesar 0,46 yang tergolong kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan metode IMPROVE berstrategi inkuiri untuk meningkatkan kompetensi strategis matematis siswa termasuk dalam kategori valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, IMPROVE, inkuiri, kompetensi strategis, matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Jun 2023 14:23
Last Modified: 28 Jun 2023 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59248

Actions (login required)

View Item View Item