HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Refita Sari, 1401417276 (2022) HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417276_Refita Sari - refita sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam pelaksanaan Pendidikan. Minat belajar dan motivasi belajar merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang diketahui bahwa minat dan motivasi belajar terhadap siswa sudah optimal, siswa yang memiliki minat belajar yang baik dan didukung oleh motivasi belajar yang baik akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, (3) menguji hubungan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 151 siswa dan sampel berjumlah 108 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan di 6 SD Negeri di Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Pelaksanaan penelitian di mulai dari bulan Februari 2021 sampai dengan Maret 2022. Variabel penelitian meliputi minat belajar dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabiltas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, analisis statistika deskriptif, uji hipotesis, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, nilai Nilai rhitung = 0,874 dan termasuk kategori sangat tinggi serta berkontribusi sebesar 76,3%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, Nilai rhitung = 0,907, dan termasuk kategori sangat tinggi serta berkontribusi sebesar 82,2%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, Nilai rhitung = 0,951 dan termasuk kategori sangat tinggi serta berkontribusi sebesar 90,5%. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati. Saran guru hendaknya dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan minat dan motivasi belajar pada siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Jun 2023 13:59
Last Modified: 28 Jun 2023 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59246

Actions (login required)

View Item View Item