Pengaruh Persepsi Siswa dan Kepuasan Siswa Tentang Kompetensi Guru Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jepara
Khulaimah, 2009 (2009) Pengaruh Persepsi Siswa dan Kepuasan Siswa Tentang Kompetensi Guru Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Persepsi Siswa dan Kepuasan Siswa Tentang Kompetensi Guru Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA egeri 1 Jepara)
- Published Version
Download (124kB) | Preview |
Abstract
Khulaimah 2009. Pengaruh Persepsi Siswa dan Kepuasan Siswa Tentang Kompetensi Guru Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA egeri 1 Jepara. Skipsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Persepsi siswa, Kepuasan siswa Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dimiliki seseorang sebagai hasil pengamatannya sendiri dalam interaksi dengn lingkungannya setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Kompetensi guru penting untuk mengukur keprofesionalan guru. Dari kompetensi guru itu akan menimbulkan persepsi siswa dan kepuasan siswa yang berpengaruh pada hasil belajar siswa Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah terdapatkah pengaruh persepsi siswa dan kepuasan siswa tentang kompetensi gur ekonomi akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jepara. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh persepsi siswa dan kepuasan siswa tentng kompetensi guru ekonomi akuntansi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa‐siswi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jepara yang berjumlah 158 siswa. Sampel yang diambil 35% sehingga diperoleh 55 orang. Pengambilan data menggunakan metode proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara menganalisis data dengan metode analisis deskriptif responden dan teknik anlisis Regresi yang dihitung menggunakan SPSS 12.00 for windows untuk memudahkan peneliti dalam mengolah data. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa hipotesis ”Ada pengaruh persepsi siswa dan kepuasan siswa tentang kompetensi guru ekonomi akuntansi terhadap hasil belajar siswa” diterima, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan Fhitung =17.244, signifikan pada taraf kurang dari 5 %. Sedangkan besarnya variabilitas dari variabel hasil belajar (Y) yang mampu dijelaskan variabel persepsi siswa dan kepuasan siswa (X) sebesar 37,6%. Kesimpulan yang dapat diberikan penulis adalah pengaruh persepsi siswa dan kepuasan siswa tentang kompetensi guru ekonomi akuntnsi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dari hasil analisis Regresi Linier dengan koefisien determinasi seesar 37.6 %. Sedangkan sarannya adalah Untuk guru : Guru diharapkan meningkatkan kompetensi guru, misalnya guru di dalam pembelajaran diharapkan lebih inovatif dalam mengembangkan variasi baik berupa variasi suara, metode pembelajaran, maupun pemanfaatan media belajar agar kepuasan siswa tercapai dengan optimal sehingga hasil belajar lebih optimal pula.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa, Kepuasan siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 20 Oct 2011 00:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2011 00:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5916 |
Actions (login required)
View Item |