(ABSTRAK) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PERMAINAN CIPTA GERAK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP N 2 BOJA KABUPATEN KENDAL
Adni Liuvivi Oktoviani , 2502406014 (2011) (ABSTRAK) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PERMAINAN CIPTA GERAK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP N 2 BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PERMAINAN CIPTA GERAK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP N 2 BOJA KABUPATEN KENDAL)
- Published Version
Download (79kB) | Preview |
Abstract
Peningkatkan kreativitas siswa melalui permainan cipta gerak dalam pembelajaran seni budaya di SMP N 2 Boja Kabupaten kendal merupakan model pembelajaran seni budaya khususnya seni tari untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan metode permainan cipta gerak yakni siswa membuat gerakan dan merangkainya menjadi sebuah tarian sederhana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana meningkatkan kreativitas siswa melalui permainan cipta gerak dalam pembelajaran seni budaya di SMP N 2 Boja Kabupaten kendal? 2) Apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat peningkatan kreativitas siswa melalui permainan cipta gerak dalam pembelajaran seni budaya di SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) meningkatkan kreativitas siswa melalui permainan cipta gerak dalam pembelajaran seni budaya di SMP N 2 Boja Kabupaten kendal 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat peningkatan kreativitas siswa melalui permainan cipta gerak dalam pembelajaran seni budaya di SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, karena pada dasarnya penelitian kualitatif menghasilkan data yang bersifat deskriptif, berupa kata-kata dan gambar yang berasal dari hasil wawancara, dokumen pribadi maupun resmi, sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kreativitas siswa dengan menggunakan metode permainan cipta gerak terdapat beberapa tahap yakni: 1) Tahap Ide yang meliputi menemukan gagasan dan pengumpulan bahan, 2) Tahap Pelaksanaan yang meliputi pembuatan gerak dan penyajian yang dapat meningkatkan kreativitas siswa, siswa dapat menciptakan gerak dan merangkainya menjadi sebuah tarian sederhana dan dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Ada dua faktor yang mempengaruhi peningkatan kreativitas siswa yaitu faktor pendukung antara lain keterampilan guru menyampaikan materi, minat siswa, sarana prasarana dan faktor penghambat antara lain faktor dari siswa yang belum memiliki fasilitas belajar di rumah. Saran dari hasil penelitian, yaitu agar peningkatan kreativitas siswa melalui metode permainan cipta gerak lebih ditingkatkan dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 2 Boja dan guru diharapkan lebih kreatif dan inovatif untuk mengembangkan metode permainan cipta gerak dengan melalui apresiasi tari dari kaset CD pembelajaran maupun apresiasi tari dengan melihat secara langsung sebuah pertunjukan tari agar dapat lebih meningkatkan kreativitas siswa SMP Negeri 2 Boja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Permainan cipta gerak, Pembelajaran, dan Seni tari. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2011 07:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 07:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5905 |
Actions (login required)
View Item |