(ABSTRAK) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010


Dhatin Nurul Millati , 7101406513 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (71kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini : 1) Bagaimana diskripsi tingkat perhatian orang tua, motivasi belajar, disiplin belajar, 2) Adakah pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, disiplin belajar, 3) seberapa besarkah pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pegandon Kendal tahun 2009/2010. Manfaat penelitian ini dapat memperkaya wawasan pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pegandon Kendal. Populasi terdiri dari 216 siswa yang terbagi dalam lima kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proposional random sampling yang berjumlah 70 siswa. Hasil penelitan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji simultan dan uji parsial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase menunujukan bahwa perhatian orang tua, motivasi belajar, dan disiplin belajar dalam kategori baik sedangkan untuk prestasi belajar termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis linier regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = 11,429 + 0,383 X1 + 0,471 X2 + 0,686 X3. Ada pengaruh signifikan perhatian orang tua, motivasi, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar dilihat dari hasil analisis data ujii F diperoleh Fhitung sebesar 33,933 dengan nilai probabilita sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar secara simultan adalah sebesar 60,7% sedangkan 39,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini perhatian orang tua, motivasi belajar dan disiplin belajar berkategori baik dan prestasi belajar cukup. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu Orang tua memiliki kewajiban untuk menyediakan saran dan prasaran belajar yang memadai dirumah untuk belajar, serta memberikan dukungan yang penuh terhadap motivasi belajar putra-putri mereka pada saat belajar dirumah sehingga prestasi belajar siswa disekolah dapat mencapai hasil yang maksimal. Siswa dapat meningkatkan disiplin belajarnya dengan menepati jadwal belajar yang telah disusun agar kuantitas dan kualitas materi dapt dipahami dari kegitan belajar tersebut, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, misalnya meneliti metode mengajar guru, lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Presatsi Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2011 07:16
Last Modified: 19 Oct 2011 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item