ANALISIS STRATEGI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY SMK PERCONTOHAN RADEN UMAR SAID KUDUS JAWA TENGAH


Ayu Puji Lestari, 1102417072 (2022) ANALISIS STRATEGI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY SMK PERCONTOHAN RADEN UMAR SAID KUDUS JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 11024177072 - Ayu Puji Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka pengangguran pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) 2019 yaitu, 8,63% lebih tinggi dibandingkan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang hanya 6, 78% selain itu, pelaksanaan teaching factory yang bertujuan untuk meningkatkan link and match antara sekolah dengan industri juga belum berjalan maksimal, hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya berbagai hambatan pada pelaksanaan teaching factory di sekolah-sekolah pada umumnya baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), pembelajaran maupun infrastruktur. Berbeda dengan SMK Raden Umar Said yang dimana pelaksanaan teaching factory sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan terbukti bahwa teaching facory di SMK Raden Umar Said mampu mencetak siswa yang meliliki keahlian sebagaimana yang diharapkan di industri dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang diterima di industri. Selain itu, infrastruktur, SDM, pembelajaran juga telah mengacu pada standar industri. Karena adanya best practice tersebut, penelitian ini dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses pengembangan dan pelaksanaan teaching factory serta untuk menjelaskan strategi dalam pelaksanaan teaching factory di SMK Raden Umar Said. Penelitin ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa industri dilibatkan dalam proses pengembangan teaching factory SMK Raden Umar Said baik dalam penyusunan kurikulum, infrastruktur, SDM, alur kerja dan SOP, struktur organisasi maupun pembiayaan, pembelajaran maupun produksi. Sedangkan hasil penelitian terkait strategi pelaksanaan teaching factory di SMK Raden Umar Said yaitu dengan melakukan upgrading diberbagai hal juga dengan meningkatkan kerjasama dengan industri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pengembangan, strategi teaching factory
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:33
Last Modified: 19 Jun 2023 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59018

Actions (login required)

View Item View Item