Model Problem Based Learning Berbantuan Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa
Miranita Khusniati, FMIPA Pendidikan IPA (2019) Model Problem Based Learning Berbantuan Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3 (1). ISSN 2598-5876, E-ISSN: 2598-0904
PDF
- Published Version
Download (328kB) |
Abstract
Jurnal belajar dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kegiatan menilai diri sendiri yang dapat dintegrasikan dengan problem-based learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan metakognitif siswa. Desain penelitian ini yaitu quasi-experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model PBL berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif sebesar 61% dengan kategori kuat, sedangkan pengaruh model PBL berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif sebesar 41% dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis data untuk belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa model PBL berbantuan jurnal belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji t menunjukkan bahwa jurnal belajar memberikan pengaruh yang sedang terhadap kemampuan metakognitif siswa. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan jurnal belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan metakognitif siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif Jurnal belajar Kemampuan metakognitif PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 00:12 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 00:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58972 |
Actions (login required)
View Item |