ANALISIS MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP POLA PERILAKU ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI (Studi Kasus di Dukuh Kedusan Kabupaten Sukoharjo)


Antika Romadoni, 1601418030 (2022) ANALISIS MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP POLA PERILAKU ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI (Studi Kasus di Dukuh Kedusan Kabupaten Sukoharjo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601418030 - Antika Romadoni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dampak dari aplikasi TikTok ini berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak seperti mudah marah, memberontak, meniru perilaku di TikTok dan berbicara sendiri di TikTok. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak media sosial TikTok terhadap pola perilaku anak usia dini pada masa pandemi di Dukuh Kedusan Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif adalah untuk mengetahui atau menggambarkan realitas peristiwa yang diteliti sehingga lebih mudah untuk mendapatkan data yang objektif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian mengumpulkan data dari hasil wawancara ke orang tua yang peneliti ambil di RW 01 Dukuh Kedusan Kelurahan Polokarto Kabupaten Sukoharjo, dan dapat dikatakan peneliti mendapatkan data yang cukup beragam mulai dari yang positif, negatif bahkan netral dan yang dominan adalah mereka yang memiliki dampak netral dalam menggunakan TikTok. Berdasarkan dari pernyataan Orangtua mengatakan perubahan perilaku emosional anak dan kecanduan terhadap aplikasi TikTok. Mempertimbangkan dari dampak tersebut, beberapa orang tua yang anaknya menggunakan TikTok dianggap tidak baik, dan anak cenderung mengabaikan kewajibannya, bahkan membuat konten di TikTok hingga membuat Orangtua khawatir, seperti lupa makan dan tidak mengerjakan tugas sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, dampak, media sosial TikTok, pola perilaku anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:26
Last Modified: 07 Jun 2023 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58959

Actions (login required)

View Item View Item