IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM DALAM STIMULASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FLAMBOYAN SEMARANG


Nur Fitri Wulandari, 1601417044 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM DALAM STIMULASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FLAMBOYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417044 - Nur Fitri Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran STEAM dalam stimulasi keterampilan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Flamboyan Semarang. Selain itu, dalam penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam implementasi pembelajaran STEAM di TK Flamboyan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi serta uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru TK B yang berjumlah 2 orang, orangtua peserta didik yang berjumlah 2 orang, serta 2 orang peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder yaitu kajian dokumen yang dilakukan dengan melihat dari awal proses perencanaan pembelajaran berupa RPPM dan RPPH. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran STEAM di TK Flamboyan Semarang dilakukan dengan tahapan meliputi pembuatan rencana pembelajaran, penerapan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat pada implementasi pembelajaran STEAM di TK Flamboyan Semarang. Adapun faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran STEAM di TK Flamboyan Semarang yaitu keinginan guru yang mau terus menerus belajar, keterlibatan orang tua, lingkungan belajar yang baik dan memadai, penggunaan loose part sebagai media pembelajaran dan fasilitas sekolah untuk mendukung pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran STEAM di TK Flamboyan Semarang dyaitu terkait dengan teknologi, keterbatasan waktu, dari segi orang tua, serta distraksi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran STEAM
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:21
Last Modified: 07 Jun 2023 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58958

Actions (login required)

View Item View Item