Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Laba Sebagai Variabel Intervening


Indah Anisykurlillah, FE Akuntansi (2014) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Laba Sebagai Variabel Intervening. Accounting Analysis Journal, 3 (1). ISSN 2252-6765

[thumbnail of 42 Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai.pdf] PDF - Published Version
Download (556kB)

Abstract

Pemisahan kepemilikan dalam sebuah perusahaan dapat mempengaruhi manajemen untuk melakukan manajemen laba yang akan menurunkan kualitas laba dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komisaris independen terhadap nilai perusahaan dengan kualitas laba sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah annual report perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2011. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 perusahaan manufaktur tiap tahunnya. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan uji sobel (soel test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan manajerial dan komisaris berpengaruh terhadap kualitas laba maupun nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kualitas laba serta nilai perusahaan. Kualitas laba sebagai variabel independen berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan kualitas laba secara tidak langsung mempengaruhi komisaris independen terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Managerial Ownership; Institutional Ownership; Independent Commissioner; Earnings Quality; and Firm Value.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:30
Last Modified: 05 Jun 2023 08:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58941

Actions (login required)

View Item View Item