Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas di Rumah saat Pandemi Covid-19


Harry Pramono, FIK PJKR (2022) Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas di Rumah saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3 (1). pp. 1-7. ISSN 2723-6803

[thumbnail of 47. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas.pdf] PDF - Published Version
Download (705kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana cara orang tua memberikan bimbingan kepada anak saat pembelajaran penjas secara daring di rumah. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan angket terhadap orang tua peserta didik sekolah dasar di Kelurahan Gondoriyo. Jenis penelitian adalah penelitian survei atau lapangan dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara sample purposive. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran sangatlah terganggu dan peran orang tua bagi peserta didik sangatlah berpengaruh besar, karena bagi peserta didik yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar tentu masih belum sepenuhnya mengerti tentang apa yang sedang terjadi saat ini sehingga hanya mengikuti perintah dan masukan dari orang tua karena seluruh pembelajaran hanya dilakukan secara jarak jauh. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan kesimpulan kepada orang tua hendaknya lebih memperhatikan pendidikan anaknya dengan cara selalu memberikan dorongan untuk terus belajar. Meningkatkan peran serta semaksimal mungkin untuk dapat membimbing dan mengarahkan anak dalam pembelajaran penjas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Role; Parents; Physical Education; Online
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 May 2023 07:18
Last Modified: 26 May 2023 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58821

Actions (login required)

View Item View Item