Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa dengan Teknik Dubbing Film


Intan Fahmawati , 2102406576 (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa dengan Teknik Dubbing Film. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa dengan Teknik Dubbing Film]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa dengan Teknik Dubbing Film) - Published Version
Download (927kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respon dari ketrampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas VII E SMP Negeri Tambak yang masih kurang. Nilai ketrampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas VII E SMP N 1 Tambak belum memenuhi nilai KKM yang sudah ditentukan sekolah yaitu 67. Siswa belum dapat berbicara bahasa Jawa dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik pembelajaran yang kreatif dan efektif yaitu pembelajaran bahasa Jawa dengan menggunakan teknik dubbing film. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah peningkatkan keterampilan berbicara dengan teknik dubbing film pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Tambak Kabupaten Banyumas? (2) adakah perubahan perilaku dan sikap siswa kelas VII E SMP N 1 Tambak Kabupaten Banyumas setelah proses pembelajaran menggunakan teknik dubbing film? Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan teknik dubbing film pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambak Kabupaten Banyumas, (2) mengetahui perubahan perilaku dan sikap siswa kelas VII SMP N 1 Tambak Kabupaten Banyumas setelah proses pembelajaran menggunakan teknik dubbing film? Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII E SMP negeri 1 Tambak kabupaten Banyumas. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel input-output dan variabel proses. Variabel input adalah keterampilan berbicara bahasa Jawa, variabel output adalah keterampilan berbicara bahasa Jawa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan teknik dubbing film, dan variabel proses yaitu pembelajaran dengan menggunakan teknik dubbing film. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan lembar observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi (gambar). Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Analisis data tes secara kuantitatif dihitung dengan persentasi, sedangkan teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data-data nontes, yaitu observasi, wawancara dan jurnal yang dianalisis kemudian ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian berbicara menggunakan teknik dubbing film pada siswa kelas VII E SMP N 1 Tambak mengalami peningkatan. Nilai rata keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas VII E tahap prasiklus adalah 61,66. Nilai rata keterampilan berbicara bahasa Jawa pada siklus I adalah 65,88 atau meningkat sebesar 4,22. Nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Jawa pada kelas VII E pada siklus II adalah 78,19 atau meningkat sebesar 12,31. Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambak juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran bahasa Jawa dengan menggunakan teknik dubbing film menjadi lebih aktif. Guru bahasa Jawa sebaiknya menggunakan cara mengajar yang mampu mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran bahasa Jawa dapat tercapai, yaitu mempunyai kemampuan berbicara yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, teknik dubbing film
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2011 03:19
Last Modified: 25 Apr 2015 06:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5882

Actions (login required)

View Item View Item