HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA 4-6 TAHUN DALAM MASA PANDEMI DI TK AL KHOIRIYAH KLAREYAN


Yufa Yustika Rachman, 1601417030 (2022) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA 4-6 TAHUN DALAM MASA PANDEMI DI TK AL KHOIRIYAH KLAREYAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417030 - Yufa Yustika Rachman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian anak. Kemandirian ini sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak di masa depan terutama dalam hal personal hygiene. Kemandirian personal hygiene penting diterapkan sejak dini karena akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan anak selanjutnya serta menghindarkan anak dari segala macam penyakit terutama dalam masa pandemi ini. Anak rentan terserang berbagai macam penyakit karena daya tahan tubuh anak yang masih rendah. Beberapa penyakit yang berkaitan dengan personal hygiene anak antara lain penyakit kulit, penyakit infeksi, penyakit menular, penyakit saluran cerna atau bahkan menghilangkan fungsi dari bagian tubuh tertentu (Amanatillah, 2019). Sehingga perlu adanya kesadaran orang tua untuk lebih memperhatikan personal hygiene anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian personal hygiene anak usia 4-6 tahun dalam masa pandemi di TK Al Khoiriyah Klareyan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan cross sectional, yang mana pendekatan ini mengambil data dari variabel penelitian dikumpulkan pada saat tertentu. Sampel penelitian ini sebanyak 30 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang positif dan searah antara pola asuh orang tua terhadap tingkat kemandirian personal hygiene anak usia 4-6 tahun dalam masa pandemi di TK Al Khoiriyah Klareyan dengan diperoleh nilai signifikansinya 0,009 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,470 yang memiliki arti bahwa kedua variabel tersebut memiliki derajat tingkat hubungan yang sedang. Pola asuh secara umum memiliki kategori cukup baik yaitu sebesar 77%, hal tersebut terbukti dengan hasil uji koefisien korelasi dengan jenis pola asuh yang tertinggi yaitu pola asuh otoriter dengan kategori cukup otoriter sebesar 80% dan pola asuh yang terendah adalah pola asuh permisif dengan kategori cukup sebesar 63%. Sedangkan untuk hasil dari kemandirian personal hygiene anak dalam masa pandemi sebagian besar memiliki kategori sedang sebanyak 67%. Selain itu untuk indikator kemandirian personal hygiene anak dalam masa pandemi yang paling berpengaruh berada dalam kategori sangat tinggi, antara lain indikator toilet training, kebersihan kulit dan rambut, kebersihan gigi dan mulut, dan penerapan protokol kesehatan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Personal Hygiene
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 May 2023 03:16
Last Modified: 24 May 2023 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58764

Actions (login required)

View Item View Item