PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNNES TINGKAT AKHIR


Hani Fajar Rahayu, 1511418087 (2022) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNNES TINGKAT AKHIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511418087 - Hani Fajar Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia menjadi salah satu yang melatar belakangi munculnya kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir yang berada pada usia 18-25 tahun sedang dalam tahap perkembangan dewasa awal, dimana tahap tersebut memiliki tugas perkembangan berupa perencanaan kehidupan dimasa mendatang, termasuk kejelasan bidang pekerjaan yang diinginkan. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kecemasan menghadapi dunia kerja adalah jenis kelamin. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif komparasi dengan teknik sampling yaitu quota sampling. Sebanyak 200 responden yang memiliki kriteria, sebagai berikut : (a) Mahasiswa aktif Universitas Negeri Semarang, (b) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2016-2018. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kecemasan pada mahasiswa laki-laki dan perempuan serta perbedaan tingkat kecemasan pada mahasiswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Proses analisis penelitian ini dilakukan dengan bantuan software pengolah data JASP. Metode analisis data menggunakan independent sample t-test (Mann - Whitney U test). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa FIP UNNES tingkat akhir (p = 0,001). Mahasiswa perempuan (Mean = 49,640) memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki (Mean = 39,420). Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES berada pada tingkat kategori kecemasan “sedang”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Dunia Kerja, Jenis Kelamin, Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 May 2023 03:01
Last Modified: 24 May 2023 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58761

Actions (login required)

View Item View Item