GAMBARAN KEBERMAKNAAN HIDUP PENGGUNA NARKOBA PADA MASA REHABILITASI (STUDI DI IPWL PESANTREN REHABILITASI SOSIAL NAPZA AL MA’LAA)


Nilawati, 1511418042 (2022) GAMBARAN KEBERMAKNAAN HIDUP PENGGUNA NARKOBA PADA MASA REHABILITASI (STUDI DI IPWL PESANTREN REHABILITASI SOSIAL NAPZA AL MA’LAA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511418042 - Nila Wati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masalah-masalah yang dialami pengguna narkoba membuatnya merasa benci terhadap dirinya dan menganggap hidupnya tidak bermakna. Rehabilitasi dilakukan menanggulangi masalah yang dialami pengguna narkoba agar nantinya dapat kembali menjalani hidup normal di dalam masyarakat dan tidak lagi menganggap hidupnya tidak bermakna. Kebermaknaan hidup merupakan suatu keadaan yang menunjukkan penghayatan individu terhadap sesuatu yang dianggap penting dan berharga dalam hidup yang dapat membuat hidup menjadi terarah dan memiliki harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebermaknaan hidup pengguna narkoba pada masa rehabilitasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini dilakukan di IPWL Pesantren Rehabilitasi Sosial Napza Al Ma’laa. Subjek penelitian ini yaitu klien di IPWL Pesantren Rehabilitasi Sosial Napza Al Ma’laa yang berjumlah 3 orang yang merupakan klien rawat inap dan rawat jalan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa ketiga narasumber dalam proses pencapaian makna hidup telah mencapai tahap kehidupan yang bermakna. Proses pencapaian kebermaknaan hidup pada ketiga narasumber melalu beberapa tahapan yaitu tahap penderitaan hidup, tahap penyesalan hidup, tahap penerimaan diri, tahap penemuan makna hidup, tahap realisasi makna hidup, dan tahap kehidupan bermakna. Dalam penelitian ini ditemukan tahapan penyesalan hidup sebagai titik balik dari narasumber dalam menemukan makna hidupnya. Ditemukan juga narsumber menjadi lebih dekat dengan Tuhan pada tahap realisasi makna hidup

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebermaknaan hidup, Pengguna narkoba, rehabilitasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 May 2023 02:14
Last Modified: 24 May 2023 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58759

Actions (login required)

View Item View Item