Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar


Yuni Wijayanti, - Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition.

[thumbnail of 31. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar.pdf] PDF
Download (196kB)

Abstract

Latar Belakang: WHO mengumumkan kedaruratan global akibat mewabahnya COVID-19 sejak Januari 2020. Virus corona dapat menular kepada semua orang termasuk bayi, anakanak. Bulan Juli 2020 Kabupaten Demak masuk dalam zona merah COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran PHBS dan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada siswa Sekolah Dasar. Metode: Jenis penelitian observasinal analitik dengan rancangan cross sectional, dengan subjek penelitian siswa kelas lima.Variabel bebas adalah tingkat pengetahuan PHBS, tingkat sikap PHBS, tingkat pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19, tingkat sikap Protokol Kesehatan COVID-19, dan fasilitas sanitasi lingkungan sekolah. Variabel terikat adalah tindakan pencegahan penularan COVID-19. Teknik pengambilan sampel menerapkan simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan uji statistik chi square. Hasil: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan PHBS p-value 0,005, Tingkat sikap PHBS pvalue 0,044, Tingkat Pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19 p-value 0,001, tingkat sikap Protokol Kesehatan COVID-19 p-value 0,019 dengan tindakan pencegahan penularan COVID-19. Variabel fasilitas sanitasi lingkungan tidak berhubungan dengan tindakan pencegahan penularan COVID-19 di sekolah. Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan PHBS, tingkat sikap PHBS, tingkat pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19, dan tingkat sikap Protokol Kesehatan COVID-19 dengan tindakan pencegahan penularan COVID-19. Dan Variabel fasilitas sanitasi lingkungan tidak ada hubungan.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 23 May 2023 08:11
Last Modified: 23 May 2023 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58748

Actions (login required)

View Item View Item