EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 52 JAKARTA


Priyanti Handayani Putri, 3201418032 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 52 JAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201418032 - Priyanti Handayani Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran nyatanya perlu direalisasikan dengan tekun, hal tersebut berkaitan dengan kemajuan Pendidikan Indonesia. Secara global, teknologi dalam dunia Pendidikan menjadi sebuah tuntutan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pada abad 21, kompetensi Pendidikan setidaknya harus mencakup “4K” yaitu, berpikir kritis, komunikasi, kreatif dan inovatif, serta kolaborasi. Dengan pembelajaran berbasis pada “4K” diharapkan guru dapat berinovasi dan berkreativitas untuk mencipatakan suasana belajar yang menarik. SMA Negeri 52 Jakarta merupakan salah satu SMA Negeri favorit yang berlokasi di Jakarta Utara. Namun, disayangkan aktivitas pembelajaran masih terkesan monoton dan belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. geografi sebagai ilmu pengetahuan tidak hanya berisi tentang teori melainkan harus terdapat praktik didalamnya untuk mengasah keterampilan siswa. Hambatan yang dialami selama masa pembelajaran turut serta mempengaruhi penurunan kemampuan siswa baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang berupa penelitian quasi eksperimen. Variabel yang digunakan dalam penelitian berupa media google earth sebagai variable X dan hasil belajar siswa sebagai variable Y. sampel dalam penelitian terbagi atas 2 kelas yaitu, kelas kontrol dengan total 30 siswa dan kelas eksperimen dengan total 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan Uji Mann Whitney untuk menganalisis angka pengaruh dan Uji N-gain Score untuk menganalisis efektivitas media dalam meningkatkan keterampilan geografi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran sebagai tujuan pertama penelitian diperoleh hasil kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, hal tersebut didukung karena adanya perbedaan media pembelajaran yang digunakan. Perbedaan tersebut juga terlihat dalam hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 90 (pengetahuan dasar), 75,3 (keterampilan geografi). Sedangkan, rata-rata hasil belajar kelas kontrol lebih rendah yaitu 77 (pengetahuan dasar), 66 (keterampilan geografi). Hal tersebut juga turut dipengaruhi oleh adanya penggunaan media pembelajaran yang berbeda, berdasarkan hasil nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,001 dinyatakan bahwa penggunaan media Google Earth berpengaruh pada peningkatan keterampilan geografi siswa. Dari hasil-hasil tersebut sudah dapat terlihat bahwa media Google Earth efektif secara umum dalam peningkatan keterampilan geografi siswa dan hal tersebut divalidasi oleh hasil uji N-gain yaitu 82 (pengetahuan dasar), 62 (keterampilan geografi) dengan klasifikasi masing-masing sangat efektif dan cukup efektif. Berdasarkan pada penelitian, penulis merumuskan saran untuk guru lebih berinovasi dan kreatif dalam menggunakan media dalam pembelajaran. Untuk sekolah untuk lebih bisa memperbanyak ketersediaan fasilitas alat pembelajaran. Bagi penelitian selanjutnya, kajian pembahasan keterampilan geografi boleh untuk lebih diperluas lagi. Lebih mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Google Earth, Keterampilan Geografi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 23 May 2023 04:36
Last Modified: 23 May 2023 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58732

Actions (login required)

View Item View Item