PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA PETERNAK DI DESA THEKELAN MELALUI PENGOLAHAN KOTORAN KAMBING MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR LAYAK JUAL


Indah Fajarini S. W., S.E., M.Si., Ph.D., Akt., Universitas Negeri Semarang and Niswah Baroroh, S.E., M.Si., Universitas Negeri Semarang and Dr. Shanty Oktavilia, S.E., M.Si., Universitas Negeri Semarang PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA PETERNAK DI DESA THEKELAN MELALUI PENGOLAHAN KOTORAN KAMBING MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR LAYAK JUAL. FE UNNES.

[thumbnail of pengabdian 1.pdf] PDF
Download (954kB)

Abstract

Dusun Thekelan, salah satu dusun yang terletak di Desa Batur, Kecamatan Kopeng, Kabupaten Semarang, merupakan wilayah inklaf atau wilayah yang letaknya dikelilingi oleh kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu dengan luas ±5.725 Ha. Di wilayah hijau ini banyak penduduk di dusun Thekelan yang bermata pencaharian sebagai peternak kambing. Seiring dengan perkembangannya, volume limbah peternakan mengalami peningkatan. Limbah ini masih dikelola secara tradisional menjadi pupuk kandang yang dalam prosesnya dapat berisiko merugikan kesehatan dan lingkungan warga. Pengetahuan warga yang masih minim dan belum mengetahui teknologi pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik cair yang minim risiko. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi kepada warga Dusun Thekelan terkait pentingnya pemanfaatan limbah peternakan dengan mengolah atau memanfaatkan kotoran kambing yang dihasilkan menjadi pupuk cair di Dusun Thekelan. Disamping mengurangi dampak limbah peternakan yang merugikan kesehatan dan lingkungan, dengan pengolahan limbah kotoran menjadi pupuk cair diharapkan juga dapat menguntungkan warga setempat secara ekonomis. Materi pentingnya pemanfaatan limbah peternakan akan disampaikan dalam waktu 1 jam, 30 menit tanya jawab, dan 1,5 jam praktik pembuatan pupuk organik cair dari kotoran kambing.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 22 May 2023 04:38
Last Modified: 22 May 2023 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58714

Actions (login required)

View Item View Item