Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Bernilai Konservasi


Yulianti, D. and Marfu'ah, S. and Yulianto, Agus (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Bernilai Konservasi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11 (2). pp. 126-133. ISSN 1693-1246, E-ISSN: 2355-3812

[thumbnail of 4246-12400-1-PB.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

LKS yang hanya berisi ringkasan materi dan latihan soal tidak melatih siswa melakukan penyelidikan dan mengembangkan nilai konservasi. Tujuan penelitian R&D ini adalah menyususn LKS yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains, pemahaman konsep dan nilai konservasi. Nilai konservasi dimunculkan melalui petunjuk kerja dan kegiatan penyelidikan.Ujicoba menggunakanOne Group Pretest Posttest Design. Prosedur penelitian meliputi observasi dan identifi kasi kelemahan LKS, perencanaan, pengembangan produk awal dan uji coba lapangan awal. Uji kelayakan dan keterbacaan menggunakan angket dan tes rumpang. Nilai pemahaman konsep diperoleh dari pretest-posttest. Data keterampilan proses sains diperoleh dari hasil observasi selama pembelajaran. Nilai konservasi siswa diperoleh dari hasil angket penilaian diri dan angket penilaian antarteman. Hasil analisis menunjukkan LKS mudah dipahami dan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Uji gain menunjukkan LKS dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep, sertadapat digunakan sebagai media untuk mengembangkan nilai konservasi

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 22 May 2023 04:34
Last Modified: 22 May 2023 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58708

Actions (login required)

View Item View Item