Pengaruh Ekuitas Merek, Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah BPR. BKK. Purwodadi


Rizka Pandu Satria, 3352405049 (2011) Pengaruh Ekuitas Merek, Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah BPR. BKK. Purwodadi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Ekuitas Merek, Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah BPR. BKK. Purwodadi]
Preview
PDF (Pengaruh Ekuitas Merek, Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah BPR. BKK. Purwodadi) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan konsumen tidak dapat dinilai dari sudut pandang perusahaan saja tetapi juga harus dipandang dari sudut pandang penilaian pelanggan sebagai konsumen. Karena itu dalam merumuskan strategi dan program pelayanan, perusahaan harus berorientasi pada kepentingan pelanggan sehingga pelanggan terpuaskan. Bertolak dari uraian tersebut maka dapat dirumuskan hal pokok yang menjadi tujuan peneliti yaitu mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merek, pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah BPR. BKK. Purwodadi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPR. BKK. Purwodadi. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus iterasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari ekuitas merek (X1), pelayanan (X2), kepercayaan (X3), dan kepuasan nasabah (Y). metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh ekuitas merek, pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan diperoleh persamaan Ŷ = 5,224 + 0,450 X1 + 0,243 X2 + 0,305 X3, dari hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung= 62,582 dan R2= 64,4%. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, variabel ekuitas merek diperoleh thitung= 6,162 dan r2= 0,526 pengaruh sebesar 27,67%, variabel pelayanan diperoleh thitung= 2,992 dan r2= 0,288 pengaruh sebesar 8,29%, dan kepercayaan diperoleh thitung= 4,795 dan r2= 0,434 pengaruh sebesar 18,83%. Simpulan dari penelitian ini adalah Adanya pengaruh yang signifikan ekuitas merek, pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah bank BPR. BKK. Purwodadi. Besarnya pengaruh tersebut yaitu sebesar 64,4%, sedangkan sisanya sebesar 35,6% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Saran yang dapat diajukan berdasarkan simpulan adalah bagi perusahaan, hendaknya meningkatkan penanaman tentang kesadaran merek atau nama BPR. BKK. Purwodadi, agar selalu melekat dalam benak nasabah ataupun calon nasabah, yaitu dengan cara melakukan promosi-promosi dan menawarkan tabungan yang berhadiah menarik. Bagi nasabah, hendaknya nasabah lebih memperhatikan tentang aspek kepercayaan yaitu dengan lebih memperhatikan kinerja karyawan bank, selain itu hendaknya nasabah lebih memperhatikan tentang pelayanan pada saat melakukan transaksi, seperti ketika menemui kesulitan, hendaknya meminta bantuan kepada karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2011 01:44
Last Modified: 25 Apr 2015 06:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item