Pengembangan LKS Fisika Model Inferensi Logika Berpikir Hypothetical-Deductive Siswa SMP


m. isnaini, - and Putut Marwoto, - and Yulianto, Agus (2012) Pengembangan LKS Fisika Model Inferensi Logika Berpikir Hypothetical-Deductive Siswa SMP. Journal of Innovative Science Education, 1 (2). ISSN p-ISSN 2252-6412 e-ISSN 2502-4523

[thumbnail of 631-Article Text-1208-2-10-20130316.pdf] PDF
Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan profil LKS fisika model inferensi logika berpikir Hypothetical-deductive. LKS ini mempunyai tiga unsur pokok yaitu: (1) kegiatan sains Hypothetical-deductive; (2) konsep fisika yang esensial dan informasi yang menarik, (3) soal-soal fisika yang disusun dalam bentuk permainan seperti Square, soal cerita menarik minat siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang pengujiannya menggunakan N-Gain untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir Hypothetical-deductive, aktivitas dan motivasi belajar siswa. Dari hasil pengembangan dan penerapan produk diperoleh: (1) LKS fisika model inferensi logika Hypothetical-deductive mempunyai karakteristik yang terdiri atas kegiatan sains Hypothetical-duductive, konsep fisika yang esensial dan informasi yang menarik, soal-soal fisika berupa Square, soal cerita menarik; (2) LKS ini berkualitas yang baik yang terlihat dari kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKS; (3) LKS fisika ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir Hypothetical-deductive siswa dengan peningkatan N-Gain dari 200 menjadi 403 sebesar 0.725 (kategori “tinggi”) dan uji-t signifikansi sebesar -4.954 sehingga t hitung > t tabel, akibatnya H0 ditolak dan Hi diterima; (4) LKS ini dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa. Peningkatan keberhasilan aktivitas belajar siswa N-Gain 0,45 dari 73,89% menjadi 85,42% dalam ketegori “sedang”, dan peningkatan keberhasilan motivasi N-Gain 0,31 dari 80.72%menjadi 86.51% dalam kategori “sedang”.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 19 May 2023 04:17
Last Modified: 19 May 2023 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58613

Actions (login required)

View Item View Item