Peningkatan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo.


Reni Irwanti Septiyani, 2009 (2009) Peningkatan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo.]
Preview
PDF (Peningkatan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo.) - Published Version
Download (31kB) | Preview

Abstract

Septiyani, Reni Irwanti. 2009. Peningkatan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum., pembimbing II: Sucipto Hadi Purnomo, M.Pd. Kata Kunci: Menulis cerkak, Metode curah gagasan. Kemampuan menulis cerkak siswa kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo masih kurang. Siswa belum dapat menulis cerkak dengan baik sehingga membutuhkan metode yang cocok dalam pembelajaran. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana kemampuan menulis cerkak siswa kelas IX E setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode curah gagasan serta (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo setelah mengikuti pembelajaran menulis cerkak dengan metode curah gagasan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan menulis cerkak siswa kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo dengan metode curah gagasan serta (2) untuk mengetahui perubahan perilaku siswa kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo setelah diadakan pembelajaran menulis cerkak menggunakan metode curah gagasan. Yang diteliti dari penelitian ini yaitu kemampuan menulis cerkak siswa kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel input-output dan variabel proses. Variabel input-output yaitu kemampuan menulis cerkak dengan metode curah gagasan, sedangkan variabel proses yaitu metode curah gagasan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, tetapi sebelum menjalankan siklus I diadakan prasiklus terlebih dulu untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis cerkak. Data dikumpulkan menggunakan tes, lembar observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan menulis cerkak, sedangkan teknik kualitatif untuk menganalisis data perilaku siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan menulis cerkak bisa meningkat dari prasiklus menuju siklus I dan siklus II. Hasil tersebut dapt dilihat dari nilai rata-rata kelas pada prasiklus menuju siklus I yang meningkat dari 64,37 menjadi 70,34. Nilai rata-rata tersebut meningkat 5,97 poin, tetapi masih ada siswa yang belum tuntas sehingga perlu diadakan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 74,13. Nilai rata-rata ini meningkat 3,79 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerkak meningkat 9,76 poin dari prasiklus menuju siklus II dan siswa dapat tuntas semua. Hasil analisis lembar observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas IX E SMP Negeri 19 Purworejo dari perilaku tidak baik menjadi baik. Dalam pembelajaran menulis cerkak menggunakan metode curah gagasan para siswa menjadi lebih aktif. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu metode curah gagasan dapat digunakan dalam pembelajaran menulis cerkak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis cerkak, Metode curah gagasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2011 01:17
Last Modified: 19 Oct 2011 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5859

Actions (login required)

View Item View Item