Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS Terkomplementasi Karakter Pada Materi Hukum Gravitasi Newton


Kusjuriansah, Kusjuriansah and Yulianto, Agus (2019) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS Terkomplementasi Karakter Pada Materi Hukum Gravitasi Newton. Unnes Physics Education Journal, 8 (2). ISSN 2252-6935

[thumbnail of 33314-Article Text-78191-1-10-20190821.pdf] PDF
Download (475kB)

Abstract

Bahan ajar yang digunakan di sekolah masih terbatas pada penyajian materi ringkas dan rumus rumus singkat sehingga peserta didik merasa kesulitan ketika memecahkan persoalan yang berkaitan dengan kehidupan. Bahan ajar berbasis I-SETS terkomplementasi karakter disajikan dalam materi yang berkaitan dengan aspek Islam, sains, lingkungan, teknologi, dan sosial serta nilai-nilai karakter sehingga peserta didik didorong lebih aktif, kreatif, dan berpikir kritis dalam memecahkan persoalan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, kelayakan, keterbacaan, dan kepraktisan bahan ajar materi gravitasi. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Bahan ajar yang dihasilkan memiliki beberapa karakteristik berdasarkan 3 aspek yaitu isi, penyajian, dan kebahasaan. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 87,50%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar mudah dipahami oleh peserta didik dengan persentase 86,66%. Hasil uji lapangan operasional menunjukkan bahwa bahan ajar praktis digunakan dalam pembelajaran dengan persentase skor 85,91%.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 19 May 2023 03:21
Last Modified: 19 May 2023 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58578

Actions (login required)

View Item View Item