Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal melalui Teknik Akrostik dengan Media Smart Card
Rifatun Nisa , 2101407153 (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal melalui Teknik Akrostik dengan Media Smart Card. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal melalui Teknik Akrostik dengan Media Smart Card)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa kemampuan menulis puisi siswa SMP Negeri 1 Bojong kelas VII C belum dapat dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh teknik pembelajaran menulis puisi yang kurang menarik karena pembelajaran menulis puisi masih menggunakan metode ceramah, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi sangat sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Bojong dapat melalui teknik akrostik dengan media smart card. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal melalui teknik akrostik dengan media smart card; (2) bagaimana perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan media smart card. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal melalui teknik akrostik dengan media smart card; (2) Untuk mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan media smard card. Manfaat teoretis dari penelitian ini adalah sebagai bahan penelitian selanjutnya dan dapat memberikan pengetahuan tentang teknik akrostik dengan media smart card yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Manfaat praktis bagi guru yaitu memberikan informasi mengenai penggunaan teknik dan media yang inovatif dalam pembelajaran menulis puisi pada khususnya. Penelitian ini juga dapat membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Selain itu penelitian ini dapat menambah pengetahuan guru bahasa Indonesia dalam mengatasi masalah yang mungkin timbul saat pengajaran menulis puisi. Bagi siswa yaitu dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, dapat mengatasi masalah yang dihadapi siswa saat pembelajaran menulis puisi, dan dapat melatih dan membiasakan siswa untuk melakukan kegiatan menulis secara lebih intensif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan media smart card. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu kemampuan menulis puisi dan penggunaan teknik akrostik dengan media smart card dalam pembelajaran menulis puisi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes kemampuan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik penggambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan media smart card siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Bojong. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 66,9 atau kategori cukup dan meningkat pada siklus II mencapai 81,6 atau kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 14,7 atau sebesar 22%. Peningkatan kemampuan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari tingkah laku negatif ke tingkah laku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi siklus II, dan tampak serius dan percaya diri serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah kemampuan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Bojong mengalami peningkatan dan perubahan tingkah laku siswa yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran melalui teknik akrostik dengan media smart card. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyarankan kepada guru terutama guru yang mengampu mata pelajaran untuk menggunakan teknik dan media yang lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran menulis puisi agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Salah satu teknik dan media yang dapat digunakan misalnya teknik akrostik dan media smart card. Teknik dan media tersebut telah digunakan oleh peneliti pada pembelajaran menulis puisi dan terbukti berhasil untuk meningkatkan prestasi siswa dan menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan tidak menjenuhkan. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan menulis puisi dengan teknik dan media pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis puisi, teknik akrostik, media smart card. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Oct 2011 01:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5855 |
Actions (login required)
View Item |