Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknologi Multimedia Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kelas XI


Adelina Ryan Candra Dewi, 4201411065 and Sarwi, - and Yulianto, Agus (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknologi Multimedia Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kelas XI. Unnes Physics Education Journal, 4 (3). ISSN 2252-6935

[thumbnail of 9961-Article Text-19720-1-10-20160401.pdf] PDF
Download (873kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia dalam meningkatkan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa pada pokok bahasan fluida statis. Penguasaan konsep siswa meliputi ranah kognitif dan pengembangan nilai karakter siswa meliputi nilai disiplin, jujur, toleransi dan kreatifitas. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA 1 Jekulo Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata 84,0. Dengan uji hipotesis t-test maupun uji gain menunjukkan bahwa penguasaan konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji gain nilai karakter siswa menyimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kesimpulannya bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia efektif untuk peningkatan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 19 May 2023 02:54
Last Modified: 19 May 2023 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58540

Actions (login required)

View Item View Item