Pengembangan Uji Kompetensi Mandiri Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa


Yulianto, Agus and Wiyanto, Wiyanto (2014) Pengembangan Uji Kompetensi Mandiri Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10. pp. 9-14. ISSN 1693-1246, E-ISSN: 2355-3812

[thumbnail of 3045-6675-1-PB.pdf] PDF
Download (320kB)

Abstract

Contoh penerapan teknologi dalam pendidikan adalah Computer Based Testing (CBT). Efikasi diri adalah keyakinan seseorang untuk menyelesaikan tugas. Uji Kompetensi Mandiri merupakan untuk menguji kompetensi siswa secara mandiri. Tujuan penelitian menghasilkan produk UKM, menentukan kepraktisan dan efektivitas UKM. Metode penelitian Research and Development. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP 2 Demak tahun 2012/2013. Desain penelitian adalah One group pretest-posttest study. Efikasi diri diukur melalui pretest dan posttest, sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran dengan UKM. Pengembangan UKM dengan menguji vaiditas, kepraktisan dan keefektifan. Karakteristik UKM yang dapat meningkatkan efikasi diri adalah: (1) memiliki tingkat kesukaran soal, (2) memiliki bantuan materi, (3) menyesuaikan gaya pembelajar modern, (4) mendorong terjadinya pengalaman vikarius. Keefektifan dilihat pada peningkatan efikasi diri siswa. Rerata pencapaian efikasi diri sebelum dan sesudah perlakuan adalah 76,6% dan 82,9%. Pencapaian efikasi diri siswa ini termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 19 May 2023 02:27
Last Modified: 19 May 2023 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58525

Actions (login required)

View Item View Item