Pengembangan Uji Kompetensi Mandiri Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa
Yulianto, Agus and Wiyanto, Wiyanto (2014) Pengembangan Uji Kompetensi Mandiri Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10. pp. 9-14. ISSN 1693-1246, E-ISSN: 2355-3812
![]() |
PDF
Download (320kB) |
Abstract
Contoh penerapan teknologi dalam pendidikan adalah Computer Based Testing (CBT). Efikasi diri adalah keyakinan seseorang untuk menyelesaikan tugas. Uji Kompetensi Mandiri merupakan untuk menguji kompetensi siswa secara mandiri. Tujuan penelitian menghasilkan produk UKM, menentukan kepraktisan dan efektivitas UKM. Metode penelitian Research and Development. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP 2 Demak tahun 2012/2013. Desain penelitian adalah One group pretest-posttest study. Efikasi diri diukur melalui pretest dan posttest, sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran dengan UKM. Pengembangan UKM dengan menguji vaiditas, kepraktisan dan keefektifan. Karakteristik UKM yang dapat meningkatkan efikasi diri adalah: (1) memiliki tingkat kesukaran soal, (2) memiliki bantuan materi, (3) menyesuaikan gaya pembelajar modern, (4) mendorong terjadinya pengalaman vikarius. Keefektifan dilihat pada peningkatan efikasi diri siswa. Rerata pencapaian efikasi diri sebelum dan sesudah perlakuan adalah 76,6% dan 82,9%. Pencapaian efikasi diri siswa ini termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | Repositori Dosen Unnes |
Date Deposited: | 19 May 2023 02:27 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |